Fakultas Dan Jurusan di Universitas Padjadjaran (UNPAD)



Universitas Padjadjaran atau Unpad merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang cukup populer di Bandung. Universitas ini didirikan pada tanggal 11 September 1957. Visinya yaitu menjadi Universitas unggul dalam penyelenggaraan pendidikan kelas dunia tahun 2026.
Saat ini ada 16 Fakultas yang ada di Unpad. Berikut informasi mengenai Fakultas yang ada di Unpad beserta program studinya masing-masing:
No
Fakultas
Jurusan (Program Studi)
1
Teknik Geologi
Teknik Geologi
2
Farmasi
Farmasi
3
Teknologi Industri Pertanian
Teknik Pertanian
Teknologi Pangan
Teknologi Industri Pertanian
4
Perikanan & Ilmu Kelautan
Perikanan
Ilmu Kelautan
5
Keperawatan
Ilmu Keperawatan
6
Ilmu Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Ilmu Perpustakaan
Hubungan Masyarakat
Jurnalistik
Manajemen Komunikasi
Televisi dan Film
7
Peternakan
Ilmu Peternakan
8
Psikologi
Psikologi
9
Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Hubungan Internasional
Ilmu Kesejahteraan Sosial
Ilmu Pemerintahan
Ilmu Administrasi bisnis
Sosiologi
Antropologi
lmu Politik
10
Ilmu Budaya
Sastra Indonesia
Sastra Sunda
Ilmu Sejarah
Sastra Jepang
Sastra Inggris
Sastra Perancis
Sastra Jerman
Sastra Arab
Sastra Rusia
11
Kedokteran Gigi
Pendidikan Kedokteran Gigi
12
Pertanian
Agroteknologi
Agribisnis
13
Matematika & IPA

Matematika
Kimia
Fisika
Biologi
Statistika
Geofisika
Teknik Informatika
Teknik Elektro
14
Kedokteran

Sarjana Kedokteran
Kedokteran Hewan
Kedokteran Twinning
15
Ekonomi & Bisnis

Akuntansi
Ekonomi Pembangunan
Manajemen
Ekonomi Islam
16
Hukum
Ilmu Hukum

Fakultas Teknik Geologi
Saat ini, Fakultas Teknik Geologi hanya memiliki satu jurusan (program studi) yaitu Teknik Geologi. Cakupan fakultas ini yaitu ilmu yang berkaitan dengan bumi, baik proses pembentukannya, sumber daya alam, serta pengembangan sumber daya energi dan mineral, sumber daya air, geologi lingkungan serta pengelolaan kebencanaan menuju pembangunan berkelanjutan.
Fakultas Farmasi
Seperti yang terlihat di tabel, Fakultas ini hanya memiliki satu program studi (jurusan) sarjana yaitu program studi Farmasi. Selain ilmu dasar, Mahasiswa program Sarjana Farmasi ini akan mendapatkan pelajaran mengenai keahlian kefarmasian dari berbagai bidang dan dibekali juga dengan ilmu-ilmu kefarmasian terbaru.
Fakultas Teknologi Industri Pertanian
Jika kamu yang berkeinginan untuk menjadi professional dan kompeten dalam bidang teknologi industri pertanian, maka di Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad inilah tempatnya. Ada tiga jurusan atau program studi yang ada di fakultas ini yaitu Teknik Pertanian, Teknologi Pangan, dan Teknologi Industri Pertanian. Sarjana di Fakultas ini banyak dibutuhkan oleh industri pangan ataupun industri pertanian pada umumnya.
Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Fakultas yang awalnya merupakan jurusan perikanan di Fakultas Pertanian Unpad ini siap mencetak tenaga ahli di bidang perikanan dan kelautan. Jadi, bagi kamu yang bercita-cita ingin menjadi ahli perikanan dan kelautan, maka Fakultas ini cocok kamu pilih saat masuk ke Unpad. Ada 2 program studi atau jurusan yang ada di Fakultas ini yaitu Jurusan Perikanan dan jurusan Ilmu Kelautan.
Fakultas Keperawatan
Fakultas ini termasuk Fakultas laris di Unpad. Fakultas ini resmi berganti nama menjadi Fakultas Keperawatan tahun 2013 setelah sebelumnya bernama Fakultas Ilmu Keperawatan. Fakultas ini siap dan mantab dalam menghasilkan sumber daya manusia keperawatan yang berkualitas dan profesional. Hanya ada satu program studi di Fakultas ini yaitu Ilmu Keperawatan.
Fakultas Ilmu Komunikasi
Ilmu Komunikasi, Perpustakaan, Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Televisi dan Film menjadi bagian pogram studi Sarjana dari Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain program sarjana tersebut, Fakultas Ilmu Komunikasi juga memiliki program Diploma 3 dengan program studi Penyiaran, Kehumasan, Periklanan, Komunikasi Bisnis, dan Informasi & Perpustakaan.
Fakultas Peternakan
Program studi yang ada di Fakultas ini yaitu Ilmu Peternakan. Program studi ini mengkaji tentang semua kegiatan terkait peternakan, baik dari segi Teknologi produksi, Teknologi Pakan, Teknologi Pengolahan, manajemen dan perencanaan usaha, serta pengembangan ilmu dan teknologi peternakan ramah lingkungan untuk mewujudkan usaha peternakan yang berkelanjutan.
Fakultas Psikologi
Fakultas ini bertujuan untuk melakukan pendidikan psikologi dan mengembangkan ilmu atau metode yang diperlukan untuk mengaplikasikan ilmu ini di masyarakat. Lulusan Fakultas ini bisa mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang yang berhubungan dengan psikologi seperti asisten psikolog, staf konsultan di bidang psikologi, pengajar, konselor, motivator dan fasilitator dan berbagai jenis pekerjaan sejenis lainnya.
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Sesuai namanya, Fakultas ini mengkaji mengenai ilmu sosial dan juga ilmu politik demi menghasilkan ahli dalam penguasaan ilmu sosial dan politik. Seperti yang ditulis di tabel, Fakultas ini memiliki 8 program studi unggul dalam cakupan ilmu sosial dan politik, yaitu Ilmu administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi bisnis, Sosiologi, Antropologi, dan Ilmu Politik.
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas yang resmi dibuka pada 1 November 1958 ini awalnya hanya memiliki 4 program sarjana yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia dan Sunda, Bahasa dan Sastra Inggris, Sejarah, serta Bahasa dan Sastra Perancis. Saat ini setidaknya ada 9 jurusan program studi di Fakultas ini yaitu, Sastra Indonesia, Sastra Sunda, Ilmu Sejarah, Sastra Jepang, Sastra Inggris, Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Arab, dan Sastra Rusia.
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas ini memiliki program studi sarjana pendidikan kedokteran Gigi. Program studi ini memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai ilmu-ilmu kedokteran & kedokteran gigi dasar secara luas dan kemudian mengaitkannya dengan ilmu kedokteran & kedokteran gigi klinik.
Fakultas Pertanian
Ada 2 program studi di Fakultas ini yaitu Agroteknologi dan Agribisnis. Agroteknologi mempelajari ilmu dan teknologi yang terkait dengan tanaman, lahan & media tanam, faktor lingkungan, serta ilmu-ilmu pendukung lainnya. Sementara Agribisnis mencakup pada aktivitis produksi usaha tani & pendukungnya, seperti sarana produksi pertanian, pengolahan hasil pertanian, distribusi & pemasaran hasil pertanian, dll.  
Fakultas Matematika & IPA
Fakultas yang diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 November 1959 ini memiliki 8 program studi sarjana, yaitu Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Statistika, Geofisika, Teknik Informatika dan Teknik Elektro.
Fakultas Kedokteran
Fakultas ini termasuk Fakultas yang diincar oleh calon Mahasiswa. Ada 2 filsafah utama dalam fakultas ini yaitu kemaslahatan bagi masyarakat dan kebersamaan dalam kesejawatan. Ada 3 program studi atau jurusan yang ada di Fakultas ini yaitu Sarjana Kedokteran, Kedokteran Hewan, dan Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Twinning (Bachelon in Medicine Twinning Program)
Fakultas Ekonomi & Bisnis
Ada 4 program studi sarjana di Fakultas ini yaitu Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Ekonomi Islam. Juga ada Porgram diploma Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Perpajakan dan Bisnis Internasional.
Fakultas Hukum
Satu-satunya program studi yang ada di Fakultas Hukum yaitu Ilmu Hukum. Sesuai namanya, program studi ini mencakup pembelajaran mengenai ilmu hukum dan seluk-beluknya. Lulusan sarjana hukum bisa memperoleh pekerjaan di bidang hukum seperti pengacara, hakim, jaksa, konsultan hukum, notaris, pegawai negeri sipil, dosen, dll.
Itu dia beberapa Fakultas beserta program studinya di Universitas Padjadjaran (Unpad).  Fakultas dan program studi ini kami ambil langsung dari laman resmi Unpad.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai Fakultas dan juga jurusan di Unpad, maka silahkan kunjungi langsung laman Unpad di www.unpad.ac.id
Semoga Informasi ini bermanfaat.
 


EmoticonEmoticon