Fakultas dan Jurusan di Universitas Borneo Tarakan


Universitas Borneo Tarakan berdiri pada 9 Oktober 1999 oleh Yayasan Pinekindi, dan mulai melakukan proses pembelajaran secara resmi pada 06 Juni 2001. Kampus utama  Universitas Borneo Tarakan terletak di Jl. Amal Lama No.1 Tarakan, Kalimantan Utara.
Visi Universitas Boreno Tarakan yaitu menjadi pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi berbasis riset untuk mendukung pembangunan dan pengembangan potensi kawasan perbatasan dan sumber daya laut tropis yang berkelanjutan.
Saat ini ada 7 Fakultas yang ada di Universitas Borneo Tarakan dengan program studinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut Fakultas yang ada di Universitas Borneo beserta program studinya masing-masing.
No
Fakultas
Jurusan/Program Studi
1
Teknik
Teknik Sipil (S1)
Teknik Elektro (S1)
2
Ekonomi
Ekonomi Pembangunan (S1)
Manajemen (S1)
3
Hukum
Ilmu Hukum (S1)
Ilmu Hukum (S2)
4
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Bimbingan Konseling Sekolah (S1)
Pen. Bahasa Indonesia (S1)
Pen. Bahasa Inggris (S1)
Pen. Biologi (S1)
Pen. Matematika (S1)
Pen. Guru Sekolah Dasar (S1)
5
Pertanian
Agribisnis (S1)
Aroteknologi (S1)
6
Perikanan dan Ilmu Kelautan
Budidaya Perairan (S1)
Manajemen Sumberdaya Perairan (S1)
7
Ilmu Kesehatan
Ilmu Keperawatan (D3)
Ilmu Kebidanan (D3)
Fakultas Teknik
Ada 2 jurusan di Fakultas ini yaitu Teknik Elektro dan Teknik Sipil. Teknik Elektro meliputi bidang ketenagaan listrik, sistem pengaturan komunikasi, informatika dan instrumentasi. Sementara jurusan Teknik Sipil berkomitmen mencetak ahli di bidang perencanaan, konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur, jalan, pelabuhan, jembatan, bandara, dan penatakelolaan sumber daya air.
Fakultas Hukum
Hanya ada 1 jurusan sarjana di Fakultas ini yaitu Ilmu Hukum, namun ada juga program untuk Magister Ilmu Hukum. Fakultas hukum Universitas Borneo Tarakan berkomitmen untuk menghasilkan SDM yang handal dalam pendidikan ilmu hukum. Visi dari Fakultas ini yaitu penyelenggara pendidikan hukum berstandar Nasional dalam pembangunan kawasan perbatasan.
Fakultas Ekonomi
Ada 2 program studi atau Jurusan yang ada di Fakultas ini, yaitu Ekonomi Pembangunan dan program studi Manajemen. Visi dari Fakultas ini yaitu sebagai pusat penyelengara pendidikan, pengkajian, pengembangan dan pembangunan berbasis ekonomi laut tropis, industri lokal dan ekonomi perbatasan yang berkelanjutan.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas ini berdiri tahun 2001 bersamaan dengan dimulainya proses pembelajaran di Universitas Borneo Tarakan. Dengan kata lain, Fakultas ini termasuk salah satu Fakultas tertua di Universitas Borneo Tarakan. Ada 6 jurusan yang ada di Fakultas ini yaitu, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Bimbingan Konseling Sekolah.
Visinya yaitu sebagai pusat & pengembangan pendidikan yang berkualitas dan unggul yang berbasis kewilayahan pada tahun 2018.
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Bagi kamu yang ingin mendalami ilmu perikanan ataupun kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan inilah tempatnya. Ada 2 program studi yang ada di Fakultas ini yaitu Budidaya Perairan dan Manajemen Sumberdaya.
Fakultas Pertanian
Fakultas pertanian Universitas Borneo Tarakan berkomitmen untuk menciptakan ahli di bidang pertanian. Ada dua jurusan unggul di Fakultas ini yaitu Agribisnis dan Agroteknologi untuk sarjana.
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Borneo Tarakan disamping memiliki program Sarjana juga memiliki program Diploma 3 (D3) dan program tersebut terdapat di Fakulas Ilmu Kesehatan. Ada dua program Diploma 3 yang ada di Fakultas ini yaitu D3 ilmu Keperawatan dan D3 Ilm Kebidanan.
Nah, itu beberapa Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Borneo Tarakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang berencana melanjutkan bangku pendidikan di Universitas Borneo Tarakan ini.
Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi lamannya di www.borneo.ac.id


1 komentar:

mohon maaf mas untuk Universitas Borneo Tarakan sudah berubah LOGO nya. mohon bisa di update


EmoticonEmoticon