Fakultas dan Jurusan di Universitas Lampung (UNILA)

Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan pada 23 September 1965 ini berlokasi di Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, kota Bandar Lampung. Universitas ini termasuk Universitas Negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung sehingga tidak heran jika kampus ini populer dan diincar oleh pelajar Lampung ataupun luar daerahnya. Saat ini, ada 8 Fakultas yang ada di Universitas Lampung (UNILA) yaitu:
No
Fakultas
Program Studi/Jurusan
1
Ekonomi dan Bisnis
Ekonomi Pembangunan
Manajemen
Akuntansi
2
Hukum
Ilmu Hukum
3
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pend. Guru Sekolah Dasar
Pend. Guru PAUD
Pend. Jasmani & Kesehatan
Bimbingan dan Konseling
Pend. Ekonomi
Pend. Sejarah
Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan
Pend. Geografi
Pend. Matematika
Pend. Kimia
Pend. Fisika
Pend. Biologi
Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia & Daerah
Pend. Bahasa Inggris
Pend. Seni, Drama, Tari, dan Musik
Pend. Bahasa Perancis
4
Pertanian
Agribisnis/ Sosial Ekonomi Pertanian
Teknologi Hasil Pertanian
Produksi Ternak
Terknik Pertanian
Budidaya Perairan
Kehutanan
Agroekoteknologi
5
Teknik
Teknik Sipil
Teknik Mesin
Teknik Elektro
Teknik Kimia
Teknik Geofisika
Teknik Arsitektur
Teknik Informatika
Teknik Geodesi
6
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Sosiologi
Ilmu Pemerintahan
Ilmu Adm. Negara
Ilmu Adm. Bisnis
Ilmu Komunikasi
Hubungan Internasional
7
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Kimia
Biologi
Fisika
Matematika
Ilmu Komputer
8
Kedokteran
Pend. Dokter
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Visi dari Fakultas yang didirikan tahun 1960 ini yaitu menjadi Fakultas Ekonomi & bisnis sepuluh terbaik di Indonesia. Ada 3 Jurusan di Fakultas ini yaitu Jurusan Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Jurusan Akuntansi. Ketiga jurusan ini terakreditasi A, jadi, merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin menjadi ahli ekonomi dan bisnis di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila ini. 
Fakultas Hukum
Sesuai namanya, Fakultas hukum memiliki konsentrasi dalam ilmu hukum dan seluk beluknya. Hanya ada satu jurusan dan program studi di Fakultas ini yaitu Jurusan Ilmu Hukum.   
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Visi dari Fakultas ini yaitu “Pada tahun 2021 menjadi LPTK Inspiratif, progresif yang professional, dan bermartabat.” Ada 4 jurusan di Fakultas ini dengan program studinya masing-masing. Pertama, Jurusan Ilmu Pendidikan. Di jurusan ini terdapat program studi Sarjana Bimbingan Konseling, PGSD, Penjaskes, dan Pendidikan Guru PAUD.
Kedua, Jurusan Pendidikan IPS dengan program studi Sarjana Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, PPKN, dan Pend. Geografi. Ketiga, Jurusan Pend. MIPA dengan program studi pend. Matematika, Pend. Kimia, Pend. Biologi, dan Pend. Fisika. Terakhir yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni yang mencakup program studi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia & Daerah, Pend. Bahasa Inggris, Pend. Seni Tari Drama dan Musik, dan Pend. Bahasa Perancis. 
Fakultas Pertanian
Fakultas ini berdiri pada 20 November 1967 dengan nama Fakultas Pertanian dan Peternakan dimana pada awal berdirinya hanya ada dua orang dosen yang mengajar. Fakultas ini dulunya juga sempat tidak ada pendaftar di jurusan ini.
Namun seiring pekembangannya, saat ini Fakultas Pertanian Unila termasuk Fakultas yang banyak diminati. Terdapat 7 program studi Sarjana di Fakultas ini yaitu, Agribisnis/Sosial Ekonomi Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, Produksi Ternak, Teknik Pertanian, Budidaya Perairan, Kehutanan, dan Agroekoteknologi.
Fakultas Teknik
Fakultas Teknik termasuk salah satu Fakultas yang paling diincar oleh calon Mahasiswa Unila. Visinya yaitu menjadi Fakultas Teknik Unila 10 terbaik Nasional berbasis riset terpadu. Ada 8 jurusan atau program studi yang ada di Fakultas Teknik, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Geofisika, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, dan Teknik Geodesi.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Visi dari Fakultas ini yaitu pada tahun 2025, FISIP Unila menjadi Pusat Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial sepuluh Terbaik di Indonesia. Ada 6 jurusan di Fakultas ini yaitu sosiologi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Adm. Negara, Ilmu Adm. Bisnis, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional.
Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
Ada 5 jurusan di Fakultas ini yaitu Kimia, Biologi, Fisika, Matematika, dan Ilmu Komputer. Visi FMIPA Unila di tahun 2025 adalah terwujudnya FMIPA Unila sebagai Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sepuluh terbaik di Indonesia.
Fakultas Kedokteran
Sesuai namanya, Fakultas ini memberikan pembelajaran konsentrasi dalam bidang kedokteran guna menghasilkan ahli-ahli kedokteran yang profesional. Hanya ada satu program studi di Fakultas ini yaitu Pendidikan Dokter. Visinya yaitu menjadi Fakultas Kedokteran sepuluh terbaik di Indonesia pada Tahun 2025 dengan kekhususan Agromedicine.
Itu dia 8 Fakultas yang ada di Unila beserta dengan jurusannya masing-masing. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu yang berencana untuk masuk ke Universitas Lampung.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai Universitas Unila beserta Fakultasnya, silahkan kunjungi www.unila.ac.id

Lihat juga program Pascasarjana dan Diploma di Universitas Lampung.



EmoticonEmoticon