Fakultas dan Jurusan di Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro atau Undip, merupakan perguruan tinggi yang terletak di Semarang. Pada awal didirikannya, Universitas ini memiliki status sebagai Perguruan Tinggi swasta, namun di tahun 1961, Undip mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri.
Moto dari Perguruan Tinggi yang namanya diambil dari pahlawan nasional Indonesia ini yaitu Become an excellent research university. Saat ini, ada 11 Fakultas yang ada di Undip dengan program studinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut fakultas-fakultas yang ada di Undip beserta jurusannya :
No
Fakultas
Jurusan/Program Studi
1
Hukum
Ilmu Hukum
2
Ilmu Budaya
Sastra Indonesia
Sastra Inggris
Sejarah
Ilmu Perpustakaan
Sastra Jepang
Antropologi Sosial
3
Ekonomika & Bisnis
Manajemen
Ekonomi dan Pembangunan
Akuntansi
Ilmu Ekonomi Islam
4
Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Administrasi Publik
Administrasi Bisnis
Ilmu Pemerintahan
Ilmu Komunikasi
Hubungan Internasional
5
Psikologi
Psikologi
6
Kedokteran
Kedokteran Umum
Ilmu Keperawatan
Ilmu Gizi
7
Kesehatan Masyarakat
Ilmu Kesehatan Masyarakat
8
Peternakan & Pertanian
Peternakan
Teknologi Pangan
Agroekoteknologi
Agribisnis
9
Sains & Matematika
Matematika
Biologi
Kimia
Fisika
Statistika
Teknik Informatika
10
Perikanan & Ilmu Kelautan
Manajemen Sumber Daya Perairan
Budidaya Perairan
Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
Ilmu Kelautan
Oseanografi
Teknologi Hasil Perikanan
11
Fakultas Teknik
Teknik Sipil
Teknik Arsitektur
Teknik Mesin
Teknik Kimia
Teknik Elektro
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Teknik Industri
Teknik Lingkungan
Teknik Perkapalan
Teknik Geologi
Teknik Geodesi
Sistem Komputer

Fakultas Hukum
Hanya ada satu jurusan sarjana di Fakultas ini yaitu jurusan Ilmu Hukum. Fakultas yang sudah berdiri sejak tahun 1957 ini memiliki visi menjadi Fakultas hukum yang progresif berdasarkan nilai-nilai pancasila menuju pengembangan keilmuan yang berbasis riset berkelas dunia pada tahun 2025.
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas ini didirikan pada tahun 1965 dan memiliki visi menjadi Fakultas riset yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025 dalam bidang kebudayaan yang meliputi sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan, filsafat, dan kearsipan. Selaras dengan visinya, fakultas ini memiliki 6 jurusan yaitu Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sejarah, Ilmu Perpustakaan, Sastra Jepang, dan Antropologi Sosial.
Fakultas Ekonomika & Bisnis
Fakultas yang berdiri pada tahun 1960 ini memiliki visi menjadi salah satu Fakultas ekonomika dan bisnis terkemuka dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tingi baik pada tingkat Nasional dan Internasional serta mengakar di masyarakat lingkungannya. Jurusan yang ada di Fakultas ini yaitu Manajemen, Ekonomi dan Pembangunan, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi Islam.
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Fakultas yang memiliki visi menjadi Fakultas unggul di bidang sosial dan politik pada tahun 2020 ini awalnya lahir dengan 3 jurusan yaitu Administrasi Negara, Pemerintahan, dan Publisistik. Saat ini, setidaknya ada 5 jurusan di Fakultas ini yaitu: Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional.
Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi awalnya merupakan program studi di bawah Fakultas Kedokteran. Namanya resmi berubah menjadi Fakultas Psikologi pada tahun 2007. Visi dari Fakultas yang konsen dalam bidang psikologi ini yaitu menjadi pusat pendidikan psikologi yang berbasis kelarga pada tahun 2020.
Fakultas Kedokteran
Fakultas yang memiliki moto “To be a Medical Research Institution by 2020”ini didirikan pada tanggal 1 Oktober 1961. Seperti yang ditulis di tabel, saat ini fakultas kedokteran UNDIP memiliki 3 jurusan yaitu Kedokteran Umum, Ilmu Gizi, dan Keperawatan.
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Hanya ada satu jurusan di Fakultas ini yaitu jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Fakultas yang resmi menjadi nama Fakultas Kesehatan Masyarakat pada tahun 1993 ini memiliki visi menjadi lembaga pendidikan tinggi di bidang kesehatan masyarakat yang ungul di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2017.
Fakultas Peternakan & Pertanian
Jurusan yang ada di Fakultas ini yaitu jurusan Peternakan, Teknologi Pangan, Agroekoteknologi, dan Agribisnis. Visi dari Fakultas ini yaitu menjadi Fakultas unggulan bidang IPTEKS peternakan dan pertanian tropis tahun 2020.
Fakultas Sains & Matematika
Visi dari fakultas ini yaitu pada tahun 2020 menjadi fakultas unggul berbasis riset di bidang sains dan matematika, serta pengembangan penerapannya. Jurusan di fakultas ini yaitu Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Statistika, dan Teknik Informatika.
Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Sebelumnya bernama fakultas peternakan & perikanan. Sempat juga berganti nama menjadi Fakultas Peternakan. Pada tahun 1990, barulah fakultas ini resmi bernama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.
Jurusan di Fakultas ini mencakup Manajemen Sumber Daya Perairan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Ilmu Kelautan, Oseanografi, dan Teknologi Hasil Perikanan.
Fakultas Teknik
Fakultas ini termasuk salah satu fakultas  yang paling diminati di universitas Diponegoro dan fakultas ini juga menjadi fakultas yang paling banyak jurusannya. Setidaknya, ada 12 jurusan di fakultas ini yaitu Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, Teknik Linkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, dan Sistem Komputer.
Itu dia Fakultas-fakultas yang ada di Universitas Diponegoro (UNDIP) yang datanya kami ambil langsung dari laman UNDIP.
Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi laman UNDIP di www.undip.ac.id
Semoga informasi ini bermanfaat . 

1 komentar:


EmoticonEmoticon