Fakultas Dan Jurusan ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta



ISI atau Institut Seni Indonesia merupakan perguruan tinggi negeri khusus seni terbesar dan terpopuler di Indonesia. Ada 4 ISI yang saat ini ada di Indonesia yaitu ISI Yogyakarta, ISI Denpasar, ISI Surakarta, dan ISI Padang Panjang. Kali ini kita akan melihat ISI Yogyakarta beserta dengan Fakultas dan program studinya masing-masing.
Institut Seni Yogyakarta terletak di Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kampus ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada tanggal 23 Juli 1984. Hingga saat ini, ISI Yogyakarta merupakan sekolah seni paling populer di Yogyakarta.
Ada 3 Fakultas di ISI Yogyakarta.  Berikut, tabel untuk fakultas dan program studi di ISI Yogyakarta untuk S1.
 
No
Fakultas
Jurusan
1
Seni Media Rekam
D3 Animasi
Fotografi
Televisi dan Film.
2
Seni Pertunjukan
Etnomusikologi
Karawitan
Musik
Pedalangan
Penciptaan Musik
Sendratasik
Tari
Teater
3
Seni Rupa
Seni Murni
Seni Kriya
Desain (Program Studi Desain Produk)

Fakultas Seni Media Rekam
Sesuai namanya, ini adalah Fakultas khusus untuk mengembangkan dan mendidik Mahasiswa yang kreatif dan inovatif dalam bidang perekaman. Fakultas Seni Media Rekam memadukan kualitas intelektual dan kepekaan estetika yang disinergikan dengan kecanggihan teknologi untuk menghasilkan sarjana seni yang kreatif, berkepribadian, mampu mengembangkan eksistensi seni dan jati diri bangsa. Ada 3 jurusan di Fakultas ini yaitu  D3 Animasi, Fotografi, dan Televisi dan Film.
Fakultas Seni Pertunjukan
Fakultas ini merupakan Fakultas yang mendidik dan mencetak Mahasiswa yang memiliki bakat dalam bidang seni pertunjukan. Visi dari Fakultas ini yaitu sebagai penyelenggaraan Tri Dharma PT bidang seni pertunjukan yang unggul, berwawasan kebangsaan, demi memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai perkembangan zaman. Seperti yang tertulis di tabel, jurusan di Fakultas ini mencakup, Etnomusikologi, Karawitan, Musik, Pedalangan, Penciptaan musik, Sendratasik, Tari, dan Teater.
Fakultas Seni Rupa
Visi dari Fakultas Seni Rupa yaitu sebagai penyelenggaraan Tri Dharma PT bidang seni rupa yang unggul berwawasan kebangsaan demi memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan perkembangan zaman. Jurusan di fakultas ini yaitu jurusan Seni Murni, Seni Kriya, dan Desain (program studi desain produk).
Itu dia Fakultas dan Jurusan yang ada di ISI Yogyakarta yang kami kutip langsung dari laman ISI Yogyakarta. Selain jurusan untuk S1, ISI Yogyakarta juga memiliki program S2 dan S3 yaitu Pengkajian dan Penciptaan Seni. Pada tahun ajaran 2011/2012 juga ada program studi baru untuk Magister yaitu program studi Tata Kelola Seni (Master Of Arts Management).
Untuk lebih lengkap mengenai ISI Yogyakarta, silahkan kunjungi laman resminya di isi.ac.id.
Semoga informasi ini bermanfaat.

Foto : Logo ISI via isi.ac.id


EmoticonEmoticon